Pengertian CDI (Capacitor Discharge Ignition)
CDI (Capacitor Discharge Ignition) menurut fungsinya adalah
mengatur waktu/timing untuk meletikan api pada busi yang sudah
dibesarkan oleh coil untuk memicu pembakaran pada ruang bakar mesin. CDI
yang beredar saat ini adalah tipe standard, racing limitter, racing
unlimitter dan programmable. Pengaturan pemantikan api akan
memaksimalkan akselerasi dan power mesin hingga maksimal karena pada
saat uap bahan bakar yang telah tercampur udara masuk ke ruang bakar
akan terbakar sempurna sehingga tidak ada bahan bakar yang terbuang.
Pemasangan CDI haruslah simple seperti penggunaan CDI standard bawaan
motor. CDI Racing Limitter adalah Cdi Racing yang kurvanya sudah
ditinggikan namun masih mempunyai limiter. Fungsi dari limiter ini
adalah untuk menjaga mesin di putaran yang seharusnya agar umur mesin
dapat lebih panjang. CDI Programmable biasanya digunakan oleh para
racing team, karena penginstalasiannya yang agak rumit dan kesalahan
setting dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar